SEKILAS TENTANG WEBLOG (BLOG)


Istilah weblog pertama kali dipopulerkan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Sedangkan pengertian dari weblog itu sendiri adalah merupakan halaman website yang memuat tulisan (posting) yang selalu di perbaharui (diupdate) secara terus menerus dan berisi link-link ke website lain, dengan disertai banyak pendukung isi seperti komentar-komentar dan interaksi pemilik weblog dengan pengunjung weblog tersebut, gambar-gambar atau photo, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan penyajian isi dari weblog tersebut, sama halnya dengan yang ada pada halaman-halaman yang terdapat pada media penyajian informasi online lain yang lebih dulu kita kenal dengan istilah-istilah homepage, web portal, website, dll.

Weblog (sering disingkat blog) adalah bentuk penyederhanaan dari sistem pengelolaan isi website yang telah lebih dahulu ada yang dikenal dengan Content Management System (CMS). CMS biasa dipakai oleh media-media online untuk mempermudah pengelolaan penerbitan berita atau cerita secara online. Namun di blog ini CMS mengalami penyederhanaan. Dengan penyederhanaan sistem ini, siapapun dan apapun profesinya, dapat dengan mudah menulis naskah dan menerbitkannya secara online, tanpa harus memiliki keterampilan pemrograman atau mengolah HTML (Hyper Text Multi Language) yang biasa digunakan dalam membuat dan mengelola website dan tanpa harus repot mengirimkan naskah menggunakan software FTP (File Transfer Protocol) khusus yang biasa digunakan untuk meng-upload file agar bisa online (terlihat) di internet. Dengan media blog, siapapun bisa langsung melakukannya di browser yang biasa dipakai saat melakukan “perjalanan” di internet.

Berdasarkan jenis informasi dan fungsi atau tujuan penggunaannya, maka weblog dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

Personal Weblog, yang dikelola oleh perorangan/individual yang menyajikan informasi yang berhubungan dengan hal-hal pribadi pemiliknya (diary online).
Business Weblog, yang manfaatkan untuk menyampaikan informasi yang berhubungan dengan informasi produk, promosi produk, penjualan, toko online, dan hal-hal lain tentang bisnis.
Organizational Weblog, yang dimanfaatkan untuk menyajikan informasi yang berhubungan dengan organisasi/kelompok/komunitas beserta visi/misi dan kegiatan-kegiatannya.

Singkatnya, siapapun bebas menuliskan apa saja di media blog ini tanpa ada batasan profesi dan kategori isi informasi yang disampaikan. Yang penting ada dua syarat yang harus dipenuhi: bisa membaca dan mengetik komputer tanpa keharusan memiliki keterampilan khusus pemrograman, maka sudah memenuhi syarat untuk bisa membuat dan menuliskan informasi di blog/weblog ini.


PERUSAHAAN PENYEDIA LAYANAN WEBLOG

Banyak pihak penyedia layanan yang menyediakan fasilitas weblog ini, dengan menggunakan berbagai jenis CMS. Di antaranya adalah blogger.com (blogspot.com) dari Google, Wordpress dari wordpress.org, Multiply, Joomla, dan lain-lain. Proses pendaftaran atau membuat account dan menggunakan fasilitas pembuatan weblog ini pun, selain mudah, umumnya gratis tanpa dipungut biaya apapun hingga bisa online (kecuali biaya koneksi internet/pulsa atau biaya warnet). Namun pengguna layanan pun bisa menggunakan pilihan untuk menggunakan fasilitas layanan berbayar untuk mendapatkan fasilitas yang maksimal dengan kelebihan-kelebihan lain yang tidak bisa didapatkan jika menggunakan layanan gratis. Apa maksudnya fasilitas layanan berbayar ini?

Fasilitas layanan berbayar yang dimaksud di atas adalah nama alamat (domain) dan hosting-nya. Nama alamat (domain) bisa diibaratkan sebagai alamat rumah kita yang harus diketahui oleh orang lain yang ingin bisa berkunjung dan masuk ke rumah kita. Sedangkan hosting bisa diibaratkan seperti rumahnya, dimana alamat tersebut ditempatkan, punya kita sendiri ataukah numpang.

Untuk memperjelasnya, kita ambil contoh saat kami membuat blog dengan fasilitas dari Blogger (blogspot.com) dengan nama alamat (domain) ades-center. Maka setelah kami mendaftar dan telah membuat blog dengan memakai fasilitas blogspot.com, kami punya dua pilihan: dimana kami akan tempatkan blog yang telah kami buat tadi? Mau numpang sama blogspot.com atau mau pakai hosting (rumah) kami sendiri? Kalau kami mau numpang sama blogspot, maka nama alamat (domain) kami adalah http://ades-bizcenter.blogspot.com. Dan biayanya pun gratis, karena ada “embel-embel” blogspot-nya yang menandakan kalau kami numpang. Sedangkan kalau kami mau memakai hosting (rumah) milik kami sendiri, maka kamipun harus membeli rumahnya dulu supaya alamat kami bisa berdiri sendiri tanpa ada “embel-embel” nama pemilik rumah yang kami tumpangi. Jika kami memutuskan membeli hosting (rumah) kami sendiri, maka nama alamat atau domain kami akan menjadi http://www.ades-bizcenter.com. Jelas sekali bukan?

Singkatnya; mau full gratis bisa, mau setengah gratis pun bisa ! Tapi saran kami, bagi yang belum paham benar tentang domain dan hosting berbayar beserta prosesnya, lebih baik pakai yang gratisan saja dulu. Karena Cuma beda-beda dikit, soal kualitas dan kehandalan sistemnya sih sama bagusnya! Selain bisa numpang hosting gratisan sama blogspot, banyak juga perusahaan penyedia layanan lain yang menyediakan hosting gratisan yang jumlahnya cukup banyak di internet. Cuma, ya itu tadi, harus rela disertai dengan “embel-embel” nama penyedia layanan dan kadang-kadang harus rela berbagi tempat di halaman weblog kita yang kadang disusupi iklan dari mereka.

Yang jelas, membuat weblog lebih simple daripada membuat halaman website. Dan kita bisa melakukannya tanpa perlu memiliki keahlian khusus atau mengeluarkan biaya besar untuk membayar webmaster yang memang pekerjaannya di bidang website builder. Kecuali jika Anda memiliki keterbatasan waktu atau halangan lain yang tidak memungkinkan untuk membuat blog sendiri.

Kalaupun misalnya terpaksa memakai jasa webmaster untuk membuat blog pada tahap pembuataanya, untuk tahap penulisan atau memasukan pendukung isi blog seperti gambar, photo, grafik, multi media, dll, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau di warnet. Kalaupun terpaksa juga memakai jasa webmaster untuk seluruh proses pembuatan weblog, mulai dari pendaftaran, pembuatan, penulisan, hingga tahap maintenance dan update atau perubahan dan penambahan di halaman weblog dalam jangka panjang, Anda pun bisa membuat perjanjian tertulis dengan webmaster yang Anda pilih untuk melakukannya, dan tentu saja dengan biaya khusus.

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui sekilas tentang weblog adalah: segera daftar, buat account, dan buat blog Anda sendiri !

Advertise / Iklan Sponsor

Aneka Peluang Usaha
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.