Kamus Istilah Refferal Dan Affiliasi

Secara umum para pelaku bisnis online di internet mengenal 3 istilah utama, yaitu:
  1. CPA = Cost Per Action / Lead Generation. Yaitu suatu program refferal atau affiliasi dimana seorang member yang telah terdaftar akan mendapatkan bayaran jika bisa mengarahkan atau mengajak pengunjung masuk ke halaman web/situs penjual atau penyelenggara program dan mengisi formulir pembelian ataupun melakukan pendaftaran online, walaupun tidak terjadi transaksi penjualan.
  2. CPS = Cost Per Sale. Yaitu suatu program refferal atau affiliasi dimana seorang member yang telah terdaftar akan mendapatkan bayaran jika bisa mengarahkan atau mengajak pengunjung masuk ke halaman web/situs penjual atau penyelenggara program untuk melakukan pembelian atau pembayaran.
  3. CPC = Cost Per Click. Yaitu suatu program refferal atau affiliasi dimana seorang member (publisher) yang telah terdaftar akan mendapatkan bayaran jika terjadi klik terhadap iklan milik advertiser yang dipasang dan muncul di halaman web atau blog milik member (pubisher) tersebut dari suatu penyelenggara program.

Namun dengan mempertimbangkan bahwa tidak semua pelaku bisnis online cukup akrab (familier) dengan istilah-istilah di atas, apalagi dengan makin berkembangnya bisnis-bisnis baru yang inovatif dengan menggabungkan beberapa program refferal dan affiliasi sekaligus yang makin membingungkan, maka dalam pengkategorian program refferal dan affiliasi tersebut kami lebih memperinci lagi dengan menyebutkan nama-nama program utamanya, sehingga ada beberapa program yang kemudian memiliki lebih dari satu kategori.

Tujuannya tidak lain adalah agar rekan-rekan pelaku bisnis online lainnya bisa menentukan bagaimana bisa tetap fokus dengan langkah langkah kerja yang harus dilakukan sesuai dengan aturan main yang diberlakukan di program-program yang diikutinya tanpa harus mengacak, melompat-lompat langkah kerja, dan tidak harus kehilangan peluang mengoptimalkan penghasilan sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

Berikut ini adalah nama-nama kategori bisnis refferal & affiliasi yang kami gunakan :
  1. Paid To Click. Digunakan untuk program-program klik iklan, baik yang dilakukan di website penyelenggra maupun yang dikirimkan via email.
  2. Paid To Surf-Online-View. Digunakan untuk program-program periklanan yang mengharuskan member-nya mengunjungi web pemasang iklan (advertiser) dalam jangka waktu tertentu melalui link atau software yang diberikan penyelenggara program.
  3. Paid To Lead Sign Up. Digunakan untuk program-program refferal dan affiliasi yang lebih mengutamakan memberikan komisi dan bonus bila membernya berhasil mengarahkan atau mengajak orang lain untuk melakukan pendaftaran online.
  4. Paid To Fill Survey. Digunakan untuk program-program refferal dan affiliasi yang memberikan bayaran bila member yang telah terdaftar mampu menyelesaikan atau mengisi data isian survey hingga selesai, baik yang dilakukan di web penyelenggara maupun yang dikirimkan via email.
  5. Paid To Upload. Digunakan untuk program-program refferal dan affiliasi yang memberikan bayaran bila data file, software/aplikasi, foto/gambar/film/video, atau pun bentuk data file lainnya yang telah diupload oleh member yang telah terdaftar ke web penyelenggra didownload oleh orang lain. Baik melalui web, blog, email, atau pun media lainnya, dengan ketentuan download tersebut dilakukan melalui link download yang diberikan oleh penyelenggara program.
  6. Paid To Sale. Digunakan untuk program-program refferal dan affiliasi yang memberikan bayaran kepada membernya yang berhasil mengarahkan orang lain untuk melakukan pembelian atau melakukan pembayaran produk/jasa/pendaftaran melalui link refferal/affiliasi yang diberikan oleh penyelenggara program.
  7. Paid To Publish. Digunakan untuk program-program refferal dan affiliasi yang memberikan bayaran kepada member yang telah terdaftar jika terjadi klik atas iklan milik advertiser yang dipasang dan muncul di halaman web atau blog milik member (publisher) tersebut.
  8. Paid To Short Cut URL. Digunakan untuk program-program refferal dan affiliasi yang memberikan bayaran kepada member yang telah terdaftar dan menyingkat URL miliknya dengan menggunakan short URL yang diberikan penyelenggara program, lalu Short URL tersebut di klik orang lain, dimanapun ditempatkan.
  9. Paid To Review. Digunakan untuk program-program refferal dan affiliasi yang memberikan bayaran kepada member yang telah terdaftar dan melakukan review atau opini atas suatu produk, jasa/layanan, artikel, dll, dari penyelenggra program. Tentu saja review/opini tersebut harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan penyelenggara.

Advertise / Iklan Sponsor

Aneka Peluang Usaha
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.